Jelibaca – Salah satunya persoalan pada jaringan secara marak sekali terjadi pada kabel LAN, baik itu kabel LAN yang masih baru maupun kabel LAN yang sudah bekas kemungkinan permasalahan ini dapat terjadi. 

 

Salah satunya permasalahan yang terjadi ialah ada satu dari 8 kabel LAN yang putus. Kebenaran itu barusan saya rasakan beberapa hari ini. Sesudah dilakukan check secara bolak balik antara ujung dengan ujung rupanya ada salah satunya warna kabel LAN yang terputus, dan putusnya itu mustahil untuk di diagnos. Kabel LAN yang terputus itu kebetulan yang berwarna orange. Dan hal yang tidak mungkin kembali untuk menukar kabel lan karena factor lokasi penempatan kabe LAN yang sulit.

 

Jadi bagaimana cara menangani permasalahan ini tak perlu menukar kabel LAN itu?

Saat sebelum meneruskan bagaimana triknya terlebih dulu akan saya terangkan apa dan bagaimanakah cara kerja dari pengelompokan kabel Lan jenis straight dan crossover.

Silakan menyaksikan gambar di bawah ini untuk memperjelasnya.

kabel lan

 

Dalam gambar itu di tunjukkan jika untuk urutan kabel LAN jenis Straight untuk yang belum mengetahui..

Posisinya ialah seperti berikut.

kabel lan

 

Dan berikut untuk susunan jenis kabel LAN Crossover

 

Formasi ini ialah formasi standard internasional yang biasanya sering dipakai. Kemungkinan sebagian orang akan memakai formasi yang lain. Apa akan memiliki masalah buat mereka yang memakai formasi yang lain dari standard yang sudah ditetapkan?

 

Berpedoman dari pengalaman yag telah saya peroleh , tidak ada permasalahan bila formasi kabel tidak ikuti standard yang sudah ditetapkan. Ingin kita atur seperti apakah juga tidak jadi masalah. Buat dari standard yang dikeluarkan ini untuk mempermudah orang untuk pahami mengingat akan formasi itu.

Kembali kepermasalahan, lebih dulu silakan anda ketahui dari keterangan gambar di atas.

Dari gambar, silahkan kita saksikan keterangan dari formasi pinnya jika rupanya pin yang dipakai untuk ke-2 formasi itu hanya pin 1,2,3 dan 6, dan pin 4,5,7 dan 8 tidak dipakai..

 

Dari beberapa keterangan yang telah saya uraikan, sampai di sini kemungkinan kamu telah memperoleh gagasan bagaimanakah cara menangani permasalahan bila ada banyak kabel LAN yang putus lajurnya.

 

Tapi ada persyaratan untuk memakai langkah yang saya ulas ini yakni.

tester

Silakan pakai alat bernama LAN tester dulu untuk ketahui keadaan kabel LAN kamu. Dan saksikan hasilnya, Kita memerlukan 4 pin lajur kabel LAN yang aktif untuk memakai langkah ini, maknanya, bila ada 2 atau 3 lajur yang putus kita bisa menanganinya, tapi bila lajur pin yang putus lebih dari 4 misalnya sampai 5 atau 6 lajur karena itu dengan terpaksa sekali kamu harus menukar kabel itu dengan kabel baru.

 

Triknya ialah :

kita mengasumsikan jika lajur yang putus pada kabel LAN ada 2 lajur yakni warna orange dan hijau. Untuk memakai langkah ini ingat jika referensi kita saat ini tidak lagi formasi warna standard tapi pin yang telah saya terangkan di atas. Kita cuman memerlukan 4 lajur pin yakni pin 1,2,3 dan 6. Silakan atur warna yang berperan dan taruh di pin 1,2,3 dan 6. dan tersisa warna dan yang putus barusan taruh di lajur pin yang tidak dipakai yakni 4,5,7 dan 8. Ingat, referensi kita saat ini ialah formasi pin yang saya terangkan di atas..

Silakan coba dan saksikan hasilnya.

Yang belum memahami atau ingin tanya-tanya silakan meninggalkan komentar kalian di bawah.

Bagikan: