Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Cara Perbaiki flashdisk Yang Tidak Terbaca – Flashdisk atau FD, sebagai perangkat mini yang dipakai untuk simpan dan data transfer secara portable. Sayang, perangkat satu ini tidak terlepas dari yang bernama permasalahan sampai kerusakan. Lalu, bagaimanakah cara memperbaiki FD yang rusak dan tidak bisa teridentifikasi?.

Cara Perbaiki flashdisk Yang Tidak Terbaca

Saat mengulas mengenai pembaruan, flashdisk sebetulnya perlu di pola saja. Tetapi, ada pilihan yang lain bisa dilaksanakan bila ada file-file penting dalam flashdisk yang tidak mau dihapus demikian saja. Berikut beragam cara yang bisa dilaksanakan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak:

1. Cara mengalihkan data dari flashdisk yang rusak Dengan Menghubungkan Kembali Flashdisk

Untuk cara memperbaiki FD yang rusak paling mudah yakni flashdisk bisa dicoba hubungkan kembali ke port USB computer atau netbook. Kadang, flashdisk terpasang kurang ketat, hingga jadi tidak bisa dibaca.

 

Flashdisk dapat dihubungkan pada port USB yang lain. Ini untuk ketahui apa pemicu flashdisk tidak teridentifikasi ada di flashdisk tersebut atau port nya.

 

2. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak tanpa hilangkan data Memakai Feature Error Checking Pada Windows

Bila cara di atas dipandang kurang efisien, karena itu flashdisk bisa diperbarui dengan memakai feature bawaan Windows, yakni Error Checking. Ini berperan sebagai refresh untuk Windows agar bisa mengulang-ulang kembali pengujian flashdisk. Di bawah ini beberapa cara memakai feature itu:

  • Hubungkan flashdisk yang rusak pada port USB lebih dulu.
  • Membuka Komputer, lalu click drive di mana flashdisk semestinya bisa dibuka dengan mouse
  • Tentukan Properties, dan tentukan pilihan Tools pada opsi yang disiapkan.
  • Pada kolom Error Checking, tinggal tentukan Cek dan nantikan proses scanning.
  • Sesudah usai, kembali click drive dengan mouse kanan, lalu tentukan Eject. Hubungkan kembali flashdisk untuk memeriksa.

3. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca dengan CMD

Seterusnya, feature Command Prompt bisa jadikan sebagai salah satunya cara memperbaiki FD yang rusak. Feature ini jarang-jarang orang-orang pakai orang pemula karena kompleksitasnya. Ini beberapa cara memperbaiki flashdisk dengan pilihan ini:

  • Hubungkan flashdisk yang rusak lebih dulu, lalu lakukan feature Command Prompt sebagai administrator. Untuk yang ketidaktahuan cari, pakai kotak Search pada Windows, dan tulis cmd.
  • Pada Command Prompt, tuliskan “chkdsk h: f/ r/ x/” dan pencet Enter. Tukar h: dengan huruf drive pada flashdisk.
  • Nantikan proses pengujian dan reparasi pada Command Prompt
  • Sesudah usai, Eject flashdisk lalu hubungkan kembali.

4. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa terbaca dengan CMD attrib

Lakukan Install Ulang Pada Perangkat Manajer. Untuk argumen yang misteri, flashdisk yang rusak muncul karena kekeliruan pada driver yang membaca dan mengolah flashdisk itu. Karenanya, driver ini bisa anda install ulang dengan memakai feature Perangkat Manajer. Ini beberapa cara meng-install ulang driver ini:

  • Hubungkan flashdisk yang rusak, lalu lakukan Perangkat Manajer. Untuk cari feature ini, pencet Windows + R, lalu tuliskan “devmgmt.msc” dan pencet Enter.
  • Pada Perangkat Manajer, click Disk Drives, lalu click nama mode flashdisk dengan mouse
  • Kemudian, click Uninstall, lalu tentukan OK.
  • Sesudah usai, cabut flashdisk dengan feature Eject seperti umumnya, dan melakukan re-start pada computer atau netbook.
  • Paling akhir, pasang lagi flashdisk, dan nantikan driver lakukan instalasi secara automatis.

5. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa Terbaca Tanpa format Dengan Menukar Huruf Driver Pada Flashdisk

Cara memperbaiki FD yang rusak yang paling akhir dengan menukar huruf drive pada flashdisk. Walau terdengar aneh, tetapi sistem ini bisa memperbaiki flashdisk yang tidak teridentifikasi karena kekeliruan pada pendeteksi. Berikut beberapa caranya:

  • Hubungkan flashdisk yang rusak, lalu lakukan Perangkat Manajement dari Start Menu.
  • Click flashdisk pada opsi drive dengan mouse kanan, lalu click pilihan Change Drive Letter and Paths.
  • Tentukan kembali Change, lalu aktifkan pilihan “Assign the following drive letter:” dan tetapkan huruf yang anda harapkan.
  • Pencet OK, lalu pencet Yes. Tinggal Eject flashdisk lalu hubungkan kembali.

Ringkasan

Demikian keterangan berkenaan Cara Perbaiki flashdisk Yang Tidak Terbaca. Jika flashdisk alami rusak secara fisik, karena itu jalan keluar di atas kemungkinan tidak bisa menolong. Flashdisk perlu anda bawa ke arah tempat service yang dapat anda percaya untuk pembaruan secara dalam.

Bagikan: