Salam, Sobat Jelibaca Zoom telah menjadi platform komunikasi online yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Dalam situasi di mana banyak pertemuan dilakukan secara virtual, fitur-fitur Zoom sangat membantu dalam menjaga interaksi dan komunikasi antar peserta. Salah satu fitur yang berguna adalah “Raise Hand” atau mengacungkan tangan secara virtual. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah tentang cara mengaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom. Jadi, mari kita mulai dan jelajahi bagaimana fitur ini dapat meningkatkan pengalaman meeting online kita!

1. Masuk ke Aplikasi Zoom

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Zoom di perangkat Anda dan masuk ke akun Zoom Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Zoom terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

a) Jika Anda memiliki aplikasi Zoom di desktop komputer, cari ikon Zoom di desktop Anda atau cari di menu Start/Program Files.

b) Klik dua kali ikon Zoom untuk membuka aplikasi.

c) Jika Anda menggunakan perangkat seluler, buka aplikasi Zoom dari layar beranda ponsel atau tablet Anda.

d) Jika Anda belum memiliki akun Zoom, pilih opsi “Sign Up” atau “Daftar” untuk membuat akun baru. Jika sudah memiliki akun, pilih opsi “Sign In” atau “Masuk” untuk masuk ke akun Zoom Anda.

e) Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Zoom Anda.

f) Klik tombol “Sign In” atau “Masuk” untuk masuk ke akun Zoom Anda.

g) Jika Anda menggunakan perangkat seluler, Anda mungkin akan diminta memasukkan nomor Meeting ID atau link undangan untuk bergabung dengan pertemuan yang sudah ada.

h) Jika Anda ingin memulai pertemuan baru, klik tombol “New Meeting” atau “Mulai Meeting” di aplikasi Zoom Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil masuk ke aplikasi Zoom dan siap untuk menggunakan fitur-fitur yang disediakan.

2. Mulai atau Bergabung dengan Pertemuan

Setelah berhasil masuk ke akun Zoom, Anda dapat memilih apakah ingin memulai pertemuan baru atau bergabung dengan pertemuan yang sudah ada. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a) Jika Anda ingin memulai pertemuan baru:

  1. Klik tombol “New Meeting” atau “Mulai Meeting” di panel kontrol Zoom.
  2. Tunggu beberapa saat hingga Zoom menyiapkan ruang pertemuan baru untuk Anda.
  3. Setelah ruang pertemuan terbuka, Anda dapat mengundang peserta dengan mengirimkan link undangan atau ID pertemuan kepada mereka melalui email atau pesan lainnya.

b) Jika Anda ingin bergabung dengan pertemuan yang sudah ada:

  1. Klik tombol “Join” atau “Bergabung dengan Pertemuan” di panel kontrol Zoom.
  2. Masukkan Meeting ID yang diberikan oleh host pertemuan.
  3. Pilih nama Anda yang akan ditampilkan kepada peserta lain.
  4. Pilih opsi untuk bergabung dengan atau tanpa audio, tergantung pada preferensi Anda.
  5. Klik tombol “Join” atau “Bergabung” untuk bergabung dengan pertemuan.

Sekarang Anda telah berhasil memulai atau bergabung dengan pertemuan di Zoom. Pastikan untuk mematuhi aturan dan etika dalam berkomunikasi dengan peserta lain selama pertemuan berlangsung.

3. Temukan Tombol “Raise Hand”

Setelah Anda berhasil memulai atau bergabung dengan pertemuan di Zoom, langkah berikutnya adalah menemukan tombol “Raise Hand” atau mengacungkan tangan secara virtual. Berikut ini adalah cara menemukannya:

a) Perhatikan panel kontrol Zoom di bagian bawah layar Anda.

b) Di sebelah kanan panel kontrol, Anda akan melihat berbagai ikon dan tombol yang berguna.

c) Carilah ikon yang menampilkan gambar tangan yang diacungkan.

d) Biasanya, ikon “Raise Hand” berada di antara ikon “Reactions” dan “Participants”.

e) Jika panel kontrol terlihat lebih kecil, Anda mungkin perlu mengklik tombol “More” atau “Lainnya” untuk melihat opsi tambahan, termasuk tombol “Raise Hand”.

Jika Anda kesulitan menemukan tombol “Raise Hand”, Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard. Pada keyboard, tekan tombol “Alt” + “Y” (untuk pengguna Windows) atau “Option” + “Y” (untuk pengguna Mac) untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur “Raise Hand”.

Setelah Anda menemukan tombol “Raise Hand”, Anda siap untuk menggunakan fitur tersebut dalam pertemuan Zoom Anda. Ketika Anda mengklik tombol “Raise Hand”, tangan virtual Anda akan muncul di layar peserta lainnya, memberi tahu mereka bahwa Anda ingin berbicara atau memiliki pertanyaan. Jangan lupa untuk menonaktifkan fitur “Raise Hand” setelah Anda selesai atau tidak ingin berbicara lagi.

Sekarang Anda telah berhasil menemukan tombol “Raise Hand” di Zoom dan siap untuk berpartisipasi dengan lebih interaktif dalam pertemuan online Anda. Jaga etika dan kesopanan saat menggunakan fitur ini, memberikan kesempatan kepada peserta lain untuk berbicara juga.

4. Mengaktifkan Fitur “Raise Hand”

Setelah Anda menemukan tombol “Raise Hand” di Zoom, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom:

a) Setelah Anda menemukan tombol “Raise Hand” di panel kontrol Zoom, klik atau ketuk tombol tersebut.

b) Ketika Anda mengklik tombol “Raise Hand”, tangan virtual Anda akan muncul di layar peserta lainnya, memberi tahu mereka bahwa Anda ingin berbicara atau memiliki pertanyaan.

c) Anda juga akan melihat ikon tangan yang diacungkan di sebelah nama Anda di daftar peserta, menunjukkan bahwa Anda telah mengaktifkan fitur “Raise Hand”.

d) Jika Anda menggunakan versi Zoom yang lebih baru, Anda mungkin juga akan melihat opsi “Lower Hand” atau “Turunkan Tangan” untuk menonaktifkan fitur “Raise Hand” jika Anda telah selesai berbicara atau tidak ingin berbicara lagi.

Selama fitur “Raise Hand” diaktifkan, peserta lain akan melihat tanda tangan virtual Anda dan menyadari bahwa Anda ingin berbicara atau memiliki sesuatu yang ingin disampaikan. Hal ini membantu dalam mengatur antrean pembicaraan dan memberikan kesempatan yang lebih adil kepada setiap peserta dalam pertemuan.

Setelah Anda selesai berbicara atau tidak ingin menggunakan fitur “Raise Hand” lagi, cukup klik atau ketuk kembali tombol “Raise Hand” atau opsi “Lower Hand” (jika tersedia) untuk menonaktifkan fitur tersebut. Tangan virtual Anda akan hilang dari layar peserta lainnya, menandakan bahwa Anda telah selesai berbicara atau tidak ingin berbicara lagi.

Dengan mengaktifkan dan menggunakan fitur “Raise Hand” dengan bijak, Anda dapat memberikan kontribusi yang lebih teratur dalam pertemuan Zoom dan meningkatkan pengalaman komunikasi secara keseluruhan.

Sekarang Anda telah berhasil mengaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom. Selamat menggunakan fitur ini dan jangan ragu untuk berpartisipasi aktif dalam pertemuan online Anda!

5. Menonaktifkan Fitur “Raise Hand”

Jika Anda telah menggunakan fitur “Raise Hand” di Zoom dan ingin menonaktifkannya setelah berbicara atau tidak ingin berbicara lagi, berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur tersebut:

a) Cari tombol “Raise Hand” di panel kontrol Zoom.

b) Jika Anda menggunakan versi Zoom yang lebih baru, Anda mungkin juga akan melihat opsi “Lower Hand” atau “Turunkan Tangan”.

c) Klik atau ketuk tombol “Raise Hand” atau opsi “Lower Hand” (jika tersedia) untuk menonaktifkan fitur “Raise Hand”.

d) Tangan virtual Anda akan hilang dari layar peserta lainnya, menandakan bahwa Anda telah menonaktifkan fitur “Raise Hand”.

Setelah menonaktifkan fitur “Raise Hand”, Anda dapat dengan nyaman mendengarkan peserta lain atau mengikuti percakapan tanpa memberikan sinyal bahwa Anda ingin berbicara. Hal ini membantu menjaga alur dan keadilan dalam pertemuan, memberikan kesempatan yang sama kepada peserta lain untuk berpartisipasi.

Perlu diingat, jika suatu saat Anda ingin menggunakan kembali fitur “Raise Hand”, Anda hanya perlu mengklik atau mengetuk tombol “Raise Hand” untuk mengaktifkannya kembali. Tangan virtual Anda akan muncul di layar peserta lainnya, menandakan bahwa Anda ingin berbicara atau memiliki pertanyaan.

Dengan menguasai cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom, Anda dapat lebih fleksibel dalam berkomunikasi dalam pertemuan online dan memberikan kontribusi dengan lebih teratur.

Sekarang Anda telah berhasil menonaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom. Selamat melanjutkan partisipasi Anda dalam pertemuan online dengan nyaman!

6. Menggunakan Fitur “Raise Hand” dengan Bijak

Saat menggunakan fitur “Raise Hand” di Zoom, penting untuk menggunakan fitur ini dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara menggunakan fitur “Raise Hand” dengan bijak:

a) Gunakan fitur “Raise Hand” ketika ada kesempatan yang tepat dan Anda ingin memberikan kontribusi atau bertanya. Mengangkat tangan secara virtual akan memberi tahu host dan peserta lain bahwa Anda ingin berbicara.

b) Jangan menyalahgunakan fitur “Raise Hand” dengan mengangkat tangan secara berlebihan atau tanpa alasan yang relevan. Gunakanlah hanya ketika Anda memiliki sesuatu yang penting atau bernilai untuk disampaikan.

c) Bersabarlah saat menunggu giliran Anda untuk berbicara setelah menggunakan fitur “Raise Hand”. Jangan merasa tergesa-gesa atau terganggu jika harus menunggu sejenak.

d) Berikan kesempatan kepada peserta lain untuk menggunakan fitur “Raise Hand” juga. Jika ada peserta lain yang mengangkat tangan terlebih dahulu, tetaplah sabar dan mendengarkan dengan baik.

e) Jika host meminta Anda untuk berbicara setelah Anda mengangkat tangan, pastikan Anda mengaktifkan mikrofon Anda dan menjelaskan dengan jelas apa yang ingin Anda sampaikan.

f) Gunakan bahasa dan nada bicara yang sopan dan hormat saat berbicara setelah menggunakan fitur “Raise Hand”. Berikan kontribusi yang relevan dan bermanfaat bagi pertemuan.

g) Jika host tidak memberikan kesempatan kepada Anda setelah mengangkat tangan, jangan merasa terlalu kecewa atau marah. Tetaplah menghormati keputusan host dan menunggu kesempatan lain yang mungkin muncul.

Dengan menggunakan fitur “Raise Hand” dengan bijak, Anda dapat menciptakan lingkungan pertemuan yang inklusif dan teratur. Fitur ini memungkinkan setiap peserta untuk berpartisipasi dengan lebih teratur dan memberikan kontribusi yang relevan.

Jadi, saat Anda menggunakan fitur “Raise Hand” di Zoom, lakukanlah dengan kesadaran dan tanggung jawab untuk menjaga efektivitas dan kualitas pertemuan yang Anda ikuti.

7. Kesimpulan

Dengan mengaktifkan fitur “Raise Hand” di Zoom, Anda dapat lebih mudah berpartisipasi dalam pertemuan online dan memperkuat komunikasi dengan peserta lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan kontribusi atau bertanya tanpa harus mengganggu alur percakapan. Jadi, selanjutnya saat Anda menghadiri pertemuan Zoom, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur “Raise Hand” dan sampaikan pendapat Anda dengan lebih efektif!

Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kami dalam menggunakan Zoom. Namun, setiap perangkat atau versi Zoom mungkin memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa pengaturan dan panduan Zoom yang terbaru untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini.

Bagikan: