Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Cloudflare DNS down di hari Selasa tanggal 21 Juni 2022 siang tempo hari. Hal itu berpengaruh pada beberapa program, web sampai games yang ikut tumbang.

Lalu apakah itu Cloudflare yang memikat perhatian netizen (warganet) setelah beberapa service internet mengalami down atau masalah tempo hari? Apa yang jadi pemicu Cloudflare itu alami masalah? Berikut profile Cloudflare, perusahaan penyuplai server yang alami persoalan.

Cloudflare DNS Down, Akibatkan Service Internet Down

Seperti informasi yang tersebar, beberapa service yang alami down ialah Canva, Discord, Patreon, dan Amazon Situs Seri. Selain itu Skype, Gitlab, Twitch, Valorant, games League of Legend, dan program terkenal lainnya.

Pemicu pemakai tidak dapat terhubung service internet itu berasal dari service Cloudflare yang alami masalah. Berdasar laporan website pemantau masalah service internet yaitu ‘Downdetector’, masalah yang terjadi di server intern Cloudflare. Pada akhirnya jadi mayoritas pemicu service internet itu down.

Pada pukul 14.11 WIB tempo hari, telah ada lebih dari 200 laporan. Laporan itu menjelaskan jika service Cloudflare baik itu DBS, sampi beberapa situs web yang memercayakan Cloudflare tidak bisa lakukan akses normal.

Cloudflare sendiri ialah sebuah perusahaan penyuplai service pembuatan infrastruktur internet. Service ini berbentuk server yang perannya untuk mengirim content internet ke pemakai. Biasa kita mengenal dengan Konten Delivery Networks alias CDNs.

Bukan itu saja, Cloudflare ini sebagai penyuplai service sistem keamanan pada website. Maksudnya agar situs itu terbebas dari gempuran DDoS (Distributed Denial-of-Service). Gempuran DDoS bisa mengakibatkan pemakai tidak bisa lakukan akses pada website.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan Cloudflare ini, seperti basis transaksi bisnis crypto BlockFi, Shopify, marketplace Blibli, dan lain-lain.

Dikutip dari situs Zdnet, adapun server dari Cloudflare sendiri yang memiliki peranan dalam menyiapkan service di atas, atau yang disebutkan dengan Cloudflare API. Berdasar laporan sedang alami masalah atau pemadaman (off-line).

Imbas Tumbangnya Mekanisme Cloudflare

Di saat server Cloudflare DNS down atau alami masalah, karena itu secara automatis akan punya pengaruh pada service yang menggunakan jasa Cloudflare. Buat menyikapi masalah rasio masif itu, pihak dari Cloudflare mengatakan jika sekarang ini sudah sukses mengenali persoalan itu. Pihak Cloudflare telah lakukan pembenahan pada masalah server Cloudflare.

Walau tidak ada kepastian apa yang mengakibatkan tumbangnya service Cloudflare ini. Namun, pihak Cloudflare memberi claim servicenya sekarang ini telah jalan kembali normal.

Merilis dari situs Wikipedia, Cloudflare, Inc. sebagai perusahaan punya Amerika Serikat. Perusahaan itu ialah penyuplai jaringan jasa pengiriman content, keamanan internet, penangkalan DDoS, dan pelayan nama domain terbagi.

Produk Cloudflare sebagai media penyuplai hosting pemakai Cloudflare dan pengunjung situs. Cloudflare memiliki peran sebagai reverse proxy (mediator kebalik) website.

Perusahaan Cloudflare bertempat di San Fransisco, California. Selain itu memiliki kantor di London, Washington, D.C, Singapura, Austin, Boston, dan Champaign.

Alami Down

Cloudflare DNS down atau tumbangnya Cloudflare jadi keluh kesah oleh beberapa pemakai di Twitter. Jika Anda cari dengan kata kunci (keyword) “cloudflare down”, karena itu Anda akan mendapat beragam jenis twit. Twit itu mengeluh beragam service internet yang memercayakan mekanisme Cloudflare tidak bisa mereka akses.

Beberapa program internet seperti Discord sampai Valorant alami peningkatan laporan down. Laporan tidak bisa lakukan akses service Discord semakin bertambah ke angka lebih dari 140 laporan /jam 14.00 WIB.

Pada saat itu yang bertepatan, jumlah laporan yang menjelaskan jika games Valorant alami down. Ada kurang lebih lebih dari 130 laporan.

Di bagian atas tiap laporan, beragam jenis service internet di situs Downdetector.id, ada info yang mengikutkan jika masalah service mereka karena mungkin service “Cloudflare” yang sedang alami error.

Belum jelas apa yang menjadi pemicu dari Cloudflare DNS down atau tumbangnya service Cloudflare. Namun, pihak Cloudflare sendiri memberi claim telah menemukan masalahnya. Mereka sedang mengaplikasikan pembaruan buat membuat servicenya kembali jalan normal.

Bagikan: